Home » » Membangun Backlink Berkualitas Menurut Google Panda

Membangun Backlink Berkualitas Menurut Google Panda

Gambar Membangun Backlink
Inabuy.com - Backlink? Ya, Ini dia si ratu SEO yang tak hentinya dikejar oleh para blogger sejati. Menurut kebanyakan orang sebelum dicetuskannya google panda, bahkan merupakan hukum rimba dalam dunia blogging, bahwa banyak backlink maka akan semakin tinggi ranking suatu website. Karena kebanyakan mesin pencari dan website pe-renking web merenking suatu web atau blog berdasarkan jumlah backlink yang dimilikinya. Semakin banyak backlink bertaburan di web orang lain maka semakin baik rankingnya. Namun, kini backlink yang menurut pakar SEO adalah yang kedua setelah artikel yang paling diperhitungkan untuk merenking suatu website kini bisa menjadi tomabak bermata dua. Jika anda salah mengartikan efek backlink karena tidak mengikuti perkembangan ilmu seo, bisa jadi anda akan terlempar jauh dari posisi anda yang empuk di mesin pencari.

Inti pembahasan kita kali ini adalah bagaimana menaikkan ranking website kita dengan becklink tapi dengan aturan SEO yang up to date? atau dengan kata lain berusaha menambah backlink tapi dengan syarat menyesuaikan dengan keinginan google panda terhadap aturan soal baklink.

Di tahun ini, 2011, setelah lahirnya Google Panda, mengejar backlink bukan hanya sekedar backlink-backlinan tapi harus ada keserasian antara backlink yang dimiliki suatu website dan isi yang dikandung website tersebut.

Nah,disini saya akan memberikanpenjelasan secara rinci kepada anda mengenai cara membangun backlink dengan mengacu pada penilaian wajar dari Google Panda:
  1. Backlink haruslah alami alias natural, yaitu usahakan antara 7 – 10 backlink perhari yang anda peroleh sehingga google melihat backlink anda wajar dan bukan spam.
  2. Perhatikan diversifikasi keyword backlink, artinya backlink yang menuju website anda bukan hanya dari 1 keyword tapi minimal 3 keyword agar google memandangnya natural.
  3. Sebisa mungkin backlink dari seluruh dunia dan segala penjuru blog atau website karena Boss Google senang jika menemukan backlink anda bukan hanya dari 1 IP Address saja namun dari beberapa IP yang berbeda jika anda mau mendapat penilaian natural juga dari google. 
Cara dan persepsi di atas bukanlah basa basi semata, bahwa banyak backlink tapi tidak berkualitas hanya akan membuang energi anda untuk membangunnya. Karena saya bisa memberikan buktinya pada anda. Lihat saja website dari duniakomputer.org yang backlinknya tidak lebih dari 100 tapi bisa masuk ranking di bawah 500 ribu. Buktikan saja melalui alexa bila anda tidak percaya!

Jika anda sudah tahu mengenai bagaimana membangun backlink natural tanpa melanggar aturan google, maka anda seharusnya juga tahu mengenai hal-hal yang harus anda tinggalkan mulai saat ini mengenai cara membangun backlink yang dibenci oleh google dan kebanyakan mesin pencari lain yang terkenal.

Beberapa hal yang harus anda hindari mulai saat ini dalam membangun backlink adalah:
  • Tinggalkan cara membangun backlink dari jasa penghasil backlink instan yang bisa mencapai ratusan hanya dalam waktu sekejap.
  • Jika anda ingin meng-ping artikel anda sebaiknya jangan berlebihan karena akan dianggap sebagai spam.
  • Selain cara menghasilkan backlink, anda juga harus mulai dari sekarang memilah-milah antara mana backlink yang baik alias berkualitas dan mana backlink yang tidak baik untuk membangun rangking website anda. Karena salah satu yang menyebabkan google memberi penilaian buruk pada website anda adalah karena backlink website anda umumnya bersumber dari web atau blog yang dibenci google, seperti web yang sering kena banned, website full spam, website minim artikel, website berbau pornografi atau pun website affiliasi yang juga dibenci google.
Sepertinya belum lengkap jika saya tidak memberikan anda solusi bagaimana membangun backlink yang baik. Untuk itu, silahkan anda ikuti langkah-langkah di bawah ini mengenai cara membangun backlink yang berkualitas:
"Karena umumnya pakar seo tau dan mengerti semua permasalahan soal seo maka termasuk soal membangun backlink mereka juga ahlinya. Untuk itu tips pertama yang saya maksud adalah membangun backlink dengan cara melihat daftar backlink yang dimiliki website atau blog yang pengelolanya adalah pakar seo. Caranya adalah dengan menggunakan jasa website seperti Alexa, Seocentro, Seoanalyser dan sebagainya. Sebagai contoh bila menggunakan Alexa dot com, yang anda harus lakukan adalah dengan cara melihat ranking website pakar seo tersebut  dengan mengetikkannya di bagian browsing Alexa yang disediakan. Setelah terbuka anda tinggal klik jumlah backlink yang tertera dan andapun dapat melihat list backlinknya hingga 100 backlink. Cukup copy-paste alamat url backlinknya di tab baru untuk membukanya dan tinggal ikuti langkahnya untuk mendapatkan backlink tersebut. Ada berbagai cara yang harus anda lakukan untuk mendapatkan backlink di masing-masing web tersebut tergantung kebijakan dan layanannya. Bila bukan melalui komentar di blognya, bisa juga melalui jasa Whois, submit web, listing url, dan lain sebagainya."

Beberapa blog yang bisa anda ikuti backlinknya adalah diantaranya blogjuragan.blogspot.com, o-om.com, anneahira.com, jokosusilo.com, kolom-tutorial.blogspot.com, dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan pencerahan untuk anda. dan Silahkan berkunjung lagi untuk mendapatkan pengetahuan soal seo yang berkualitas dari saya. Atau mungkin anda mencari artikel ini '3 Pilar Utama Tekhnik SEO Blog'



Share this article :

14 comments:

Faisal said...

Susah banget keknya diatas itu, terlalu banyak faktor dan aturan... sudah lama nih mengabaikan faktor SEO, karena bikin capek dan waktu habis untuk mempelajari algoritma google. Mending mikir konten aja buat aku.

Btw terima kasih artikelnya, meskipun hanya menambah pusing kepala karena aturan google yg berubah terus...

BRIAN MUDA ARYANA said...

terima kasih gan atas infonya,,,

blog kontroversi indonesia said...

kalo aye lom kepikiran soal pagerank gan, blog aja baru 1 minggu, aye mikir buat konten aja dulu. Masalah seo dikit aja yg di mengerti, baru dapt kunjungan 50 perhari aja udh seneng gan...
Coba aja agan lihat blog aye, alexa rank dan link masih no data. Boro2 dpt top rank pada serp. Nongol di serp aja lom pernah he..he
semua yg di dapat cuma dari blogwalking. Jadi selain backlink, dapat kunjungan pula

Dea Anindita said...

Saya setuju bro, beberapa bulan lalu dalam mencari backlink tidak aturan sehari lebih dari 20 backlink tapi tanpa hasil, dan tanpa sengaja backlink harian dan Cuma 2 – 4 situs saja efeknya lumayan bagus buat naikin trafik. Ternyata cara ini sesuai dengan google panda . Sukses selalu bro

Unknown said...

mksih bops infine sangat membantu backlinknya saya tunggu

Dipstrategy Web Agency said...

Iya nih algoritma google yang baru, bikin para webmaster dag dig dug karena takutna over optimize, batas link per hari yang dianggap normal itu 7-10 ya kang? makasih atas infonya, kalo presentasi link dofollow dan nofollow berapa persen ya?, salam persahabatan, :)

Blog for Health said...

saya terlambat membaca artikel ini..saya terlanjur jor- joran mncari backlink..semoga tidak berdampak buruk bgi domain sy..btw terima kasih sudah berbagi..

Tas Prada said...

wah, saya malah menanam terlalu banyak setiap hari..
semoga tidak terlalu buruk bagi web saya..
nice artikel gan..
thx..

CARA GAMPANG said...

Salam blogger, backlink yang berkualitas memang selalu dicari dan diburu oleh para webmaster, happy blogging

SATU UNTUK SEMUA said...

Backlink memang penting dan selalu dibutuhkan, thanks for sharing

DUNIA BLOG said...

Backlink yang berkualitas memang sangat diperlukan untuk perkembangan blog, thanks for sharing

ARTIS said...

Backlink memang penting, terutama di era Google Pinguin saat ini, backlink yang berkualitas menjadi penting, salam kenal persahabatan

MAJAPAHIT said...

Artikel yang bermanfaat untuk menambah wawasan, terima kasih telah sudi berbagi, salam kenal persahabatan

allovindonesia.com said...

Maksud yg pake alexa.com gimana Gan? Belum ngeh soal yg i2 ... Mohon penjelasan Gan...

 
INABUY.COM | Dikelola Oleh ZutaMedia Publisher | Penyedia Ebook SEO - BloggerPro-Z1 - Ebook Tutorial SEO Terlengkap dan Terbaik Di Indonesia Jasa Buat Website | Toko Online | Dengan Bantuan Konsultasi lewat YM dan Email
Powered by Blogger.com | Template By Maskolis.com
Copyright © 2011. EBOOK INABUY - All Rights Reserved