Home » » Cara Melahirkan Kurangi Rasa Sakit Ibu

Cara Melahirkan Kurangi Rasa Sakit Ibu

Inabuy.com - Pada halaman sebelumnya saya sudah membahas mengenai beberapa jenis cara melahirkan (Normal dan Caesar). Nah, kali ini kita fokus pada pembahasan cara melahirkan tanpa rasa sakit pada ibu (Lihat pada bagian bawah 5 paragraf terakhir artikel ini). Etss! sesuai janji saya masih ada 3 jenis cara melahirkan yang belum saya jelaskan untuk anda sebelum pembahasan cara melahirkan tanpa rasa sakit ini, yaitu cara melahirkan dalam air atau water birth, cara melahirkan forceps atau ekstrasi cunam atau jelasnya disebut cara melahirkan dengan menarik bagian kepala bayi dengan sebuah alat khusus yang disebut forceps dan juga cara melahirkan vacuum. Kayak debu aja di vacuum he he he.

Untuk mempercepat anda sampai pada tujuan pencarian, yaitu cara melahirkan tanpa atau mengurangi rasa sakit saya akan menjelaskan terlebih dahulu secara singkat satu-persatu ketiga cara di atas :

Cara Melahirkan Dalam Air atau Water Birth

Mendengar cara melahirkan dalam air pasti dalam benak anda berpikir bagaimana bila si bayi kelelep, meminum air bercampur darah dan ketuban, atau malah tidak bisa bernafas sama sekali. Tapi tidak usah khawatir karena semua itu tidak akan terjadi bila ditangani dengan perofesional. Dan juga alasannya karena ketika bayi keluar dari kandungan ibunya dan masuk kedalam air kolam si bayi masih tersambung dengan tali pusar dan tentunya masih mendapat asupan oksigen dari ibunya. Tapi sekalipun demikian, bayi harus tetap cepat-cepat diangkat ketika keluar dari kandungan ibunya untuk menghindari air tertelan.

Cara melahirkan dalam air atau water birth cukup diminati banyak ibu saat ini dan bahkan sudah menjadi trend di abad ini. Bukan tanpa alasan banyak ibu hamil memilih cara melahirkan dalam air / water birth, selain karena beberapa alasan pada saat melahirkan, yaitu kondisi ibu yang melahirkan dengan menggunakan wadah air jauh lebih rileks dari proses normal, karena membuat ibu rileks pada saat melahirkan sehingga tenaga untuk mengejan juga maksimal dan tentunya mengurangi rasa sakit si ibu, kata para pakar cara melahirkan dalam air berguna untuk mempercepat pembukaan jalan lahir bagi si bayi sehingga proses persalinan tidak terlalu lama dan menyiksa si ibu.

Mungkin anda juga perlu tahu menurut beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa cara melahirkan dalam air / water birth bisa membantu meningkatkan kualitas IQ atau kecerdasan sang bayi menjadi lebih tinggi dari pada proses kelahiran biasa. Selain itu, resiko cidera pada kepala bayi bisa dikurangi dengan menggunakan cara melahirkan dalam air.

Sebagai tambahan pengetahuan berikut saya berikan video cara melahirkan dalam air : http://www.youtube.com/watch?v=zB5MOjZCUok&feature=related (Silahkan copy dan paste sendiri alamat URL website ini di browser atau pada tab baru anda karena saya tidak memberikan link hidup untuk anda). Ingat! Jika anda tidak cukup dewasa dan tidak tahan melihat darah, saya sarankan untuk tidak melihat video cara melahirkan dalam air ini.

Cara Melahirkan Forceps atau Menarik Bayi dari Mulut Rahim

Cara melahirkan dengan cara menarik bagian kepala bayi dari dalam sebenarnya cara darurat yang hanya dilakukan bila waktu bersalin tidak terjadi secara normal atau terlalu lama. Hal ini bisa saja disebabkan karena si ibu tidak bisa mengejan atau bahkan tidak diperbolehkan mengejan karena alasan penyakit yang dideritanya, misalnya saja si ibu terkena penyakit darah tinggi yang bisa menyebabkannya buta bila ia mengejan.

Efek samping pada proses kelahiran dengan cara menarik bayi dalam rahim diantaranya adalah menyebabkan luka dan jahitan yang terlalu lebar dari biasanya karena cara ini dilakukan sekaligus memperlebar jalan lahir bayi agar alat mudah dimasukkan. Disamping itu, memperbesar kemungkinan terjadinya cidera pada kepala bayi yang bisa saja menjadi luka bawaan hingga ia besar.

Cara Melahirkan Vacuum

Cara melahirkan ini juga dilakukan bila dalam keadaan mendesak seperti cara melahirkan forceps di atas. Penyebabnya kurang lebih sama, yaitu si ibu tidak dapat mengejan dengan baik atau tidak diperbolehkan mengejan oleh dokter. Caranya hampir seperti sistem kerja alat penyedot WC, tapi tidak persis juga kalee...! kan ini bayi bukan .... Memulai cara ini dengan memasukkan alat tersebut ke dalam kandungan kemudian memberikan tekanan pada alat vacuum agar alat tersebut bisa menempel pada kepala bayi dan siap untuk dilakukan penarikan secara perlahan pada tubuh si bayi. Tapi cara ini cukup beresiko karena hubungannya langsung ke kepala bayi yang masih belum sempurna pertumbuhannya alias masih terlelu lembek. Dan bila tidak hati-hati dan kurang pengalaman bisa saja kepala bayi mengalami pembengkakan atau resiko paling kecilnya adalah bentuk kepala bayi yang tidak normal.

Setelah mengerti 5 jenis cara melahirkan, sekarang waktunya kita membahas cara melahirkan tanpa rasa sakit atau mengurangi rasa sakit :

Melahirkan tanpa rasa sakit dengan Terapi Metode Hypnobirthing

Cara ini semacam latihan relaksasi. Rasa nyeri yang berlebihan pada saat anda bersalin sedikit banyaknya disebabkan karena pada saat sebelum anda melahirkan atau menjelang melahirkan dibenak anda selalu tertanam bahwa 'melahirkan itu sakit sekali'. Inilah yang akan dihilangkan dalam proses relaksasi ini selain memberikan stumulasi dan relaksasi pada otot tertentu dan juga pada janin si ibu.

Metode terapi hypnobirthing dijalankan dalam empat tahap, yaitu dimulai dengan memiringkan kepala kemudian tangan diletakkan di bahu dan diputar 8 kali kedepan dan 8 kali ke belakang. Kemudian kedua adalah relaksasi otot dengan berbaring sambil tangan dikepalkan keatas dan telapak kaki direnggangkan hingga ke paha dan pinggul. Ketiga yaitu dengan relaksasi pernapasan sambil berbaring dengan menarik napas melalui hidung dan ditahan hinggal hitungan 10 dan kemudian di keluarkan melalui mulut sebanyak 10 kali pula. Dan terakhir adalah relaksasi pikiran dengan melalui indra mata, yaitu dengan memejamkan mata sejenak dan kemudian di buka secara perlahan dan diusahakan memandang satu titik di atas mata. Senakin lama kelopak mata dibuat makin rileks dan berkedip serta pada hitungan ke 5 mata akan tertutup kembali.

Diharapkan dengan proses ini anda secara berangsur-angsur akan menjadi rileks, baik dari segi fisik maupun pikiran. Sehingga akan tertanam di alam bawah sadar anda bahwa anda dan anak anda dalam keadaan sehat dan siap menghadapi persalinan. Dan tentunya ujung-ujungnya akan mengurangi rasa sakit atau bahkan tanpa rasa sakit pada saat melahirkan.

Melahirkan tanpa rasa sakit dengan rileksasi dzikir

Bagi anda yang beragama Islam ini sangat penting anda lakukan sebagai wadah mendekatkan diri kepada Allah guna memperoleh pertolongan-Nya secara tidak langsung pada saat melahirkan, baik itu dari segi kelancaran pada saat melahirkan ataupun diberi keselamatan pada bayi dan ibu pada saat proses persalinan.

Sebelumnya anda renungkan dulu Qur'an Surat Ar-Ro'dhu ayat 28 yang penggalannya berbunyi "... bahwa hanya dengan mengingat Allah-lah hati akan menjadi tentram". Dari memahami bunyi ayat ini saja anda sudah bisa mendapatkan terapi rileksasi, yaitu dengan berusaha memahamkan pada diri anda bahwa Allah-lah penguasa seluruh jagad raya ini dan berkuasa penuh terhadap segala hal di dunia ini termasuk diri anda dan bahkan rasa sakit yang telah diciptakan-Nya dan anda pun berusaha menyerahkan alias bertawakkal kepada Allah atas segala yang akan terjadi akan memberikan anda ketenangan batin dengan sendirinya.

Khusus untuk terapi zikir yang anda lakukan pada saat sebelum dan pada saat melahirkan adalah dengan menundukkan wajah dan memejamkan mata serta menyerahkan hati anda benar-benar pasrah pada kekuasaan Allah semata dan berusaha menimbulkan kesadaran bahwa Allah adalah Dzat yang maha pengasih lagi penyayang yang akan menolong setiap hambanya dari kesulitan termasuk mendengarkan ucapan anda dalam hati seakan anda dan tuhan tanpa jarak sama sekali. Rasakan keadaan tersebut secara mendalam dan hasil dari setiap ucapan anda dalam hati dengan tuhan.

Poin penting dari rileksasi ini adalah penyebutan nama tuhan dengan perasaan berharap secara berulang-ulang dan terus-menerus dengan menyebutkan Ya Allah... Ya Rahman... secara bergantian hingga seluruh badan dan juga pikiran anda menjadi betul-betul rileks.

Selain rileksasi cara mengurangi rasa sakit di atas, anda juga sebaiknya melakukan rileksasi dengan menggunakan musik. Putarlah musik dengan irama lembut sembari membayangkan hal-hal yang menyenangkan, mungkin saja di pulau yang indah atau dekat air terjun yang sejuk. Hal ini cukup berguna untuk mengalihkan perhatian anda dari proses bersalin yang akan berlangsung sehingga mengurangi steres anda. Disamping itu rileksasi dengan sentuhan tangan suami pada saat anda melahirkan juga memberikan pengaruh pada anda untuk mengurangi rasa sakit yang berlebihan pada saat persalinan berlangsung.

Jika anda masih butuh informasi soal cara persalinan, saya sarankan anda menuju ke artikel "Cara Melahirkan : Jenis dan Tips Mengurangi Rasa Sakit"


Share this article :

0 comments:

 
INABUY.COM | Dikelola Oleh ZutaMedia Publisher | Penyedia Ebook SEO - BloggerPro-Z1 - Ebook Tutorial SEO Terlengkap dan Terbaik Di Indonesia Jasa Buat Website | Toko Online | Dengan Bantuan Konsultasi lewat YM dan Email
Powered by Blogger.com | Template By Maskolis.com
Copyright © 2011. EBOOK INABUY - All Rights Reserved