Home » » Cara Melahirkan : Jenis dan Tips Mengurangi Rasa Sakit (Bagian II)

Cara Melahirkan : Jenis dan Tips Mengurangi Rasa Sakit (Bagian II)


Inabuy.com - Sesuai janji saya pada pembahsan sebelumnya mengenai cara melahirkan normal, kali ini saya akan menjelaskan cara melahirkan caesar secara lengkap. Mengenai cara melahirkan caesar ini sebelum membahas caranya saya mau mengingatkan anda pada satu waktu yang sangat fenomenal, yaitu tanggal 11 bulan 11 tahun 2011. Ya, pada waktu inilah banyak orang yang melahirkan dengan cara caesar. Alasan utamanya adalah agar anak mereka bisa memiliki tanggal lahir yang unik. Tujuan saya memberikan info ini bukan soal keunikannya, tapi sekedar anda tahu salah satu alasan dilakukannya operasi melahirkan caesar seperti ini.

Menyebut cara melahirkan caesar sebenarnya tidak cocok karena caranya tentu hanya dokter kandungan yang tahu. Mungkin lebih tepat kalau kita menyebutnya atau membahasnya dengan tema 'Faktor penyebab melahirkan secara caesar atau efek samping melahirkan secara caesar'. Cara melahirkan caesar bisa dibilang bebas rasa sakit karena pada saat sebelum dilakukan operasi caesar perut sang ibu sudah mendapat perlakuan khusus dari dokter dan crew bidannya untuk menghilangkan rasa sakit pada saat pembedahan. Tapi, jangan senang dulu karena rasa sakit yang tidak anda rasakan pada saat pembedahan akan timbul setelah obat yang diberikan bidan pada saat sebelum melahirkan habis atau tidak bekerja lagi. Menurut pengalaman ibu-ibu yang telah menjalaninya katanya sih sakitnya minta ampoennn.....! bukan main pada jahitannya.

Mengenai biaya, nah ini yang penting, disarankan bagi anda yang bisa melahirkan secara normal lebih baik memilih untuk melahirkan secara normal karena bagi yang tidak memiliki dana yang cukup ataupun fasilitas asuransi biaya melahirkan dengan cara caesar bisa memberatkan anda. Umumnya biaya melahirkan caesar sekitar 15 jutaan. Tergantung pilihan anda, bila anda dari keluarga mampu mungkin ini bukan masalah bagi anda.

Dari pada panjang lebar sekarang saya mau memberikan beberapa alasan mengapa melahirkan dengan cara operasi caesar bisa terjadi :
  • Operasi caesar dilakukan karena ukuran antara panggul ibu dan kepala bayi tidak sesuai. Hal ini bisa saja karena si ibu yang bertubuh mungil atau bayi yang didiagnosa terlalu besar untuk melewati rongga panggul ibunya.
  • Umur ibu yang melahirkan melebihi batas normal atau sudah tidak muda lagi. Ini bisa terjadi pada ibu yang hamil secara tidak direncanakan di usianya yang sudah tua.
  • Bayi kembar yang didiagnosa beresiko bila dilahirkan secara normal.
  • Melahirkan caesar juga dilakukan bila posisi bayi yang tidak normal atau umumnya pada posisi bayi yang sungsang bisa saja dilakukan operasi caesar. Ini bisa terjadi bila aktifitas ibu pada saat hamil tidak sesuai seperti yang dianjurkan dokter.
  • Beberapa juga diantaranya karena mulut rahim tertutup plasenta.
  • Waktu melahirkan yang terlalu lama padahal ketuban telah pecah. Umumnya waktu di atas 24 jam bisa saja dilakukan operasi caesar.
  • Atau Mungkin juga karena hal mendesak. Misalnya, waktu lahir yang sangat terlambat yang memungkinkan si bayi keracunan bila tidak segera dilakukan operasi caesar.
Tapi ada juga alasan oprasi caesar itu tidak bisa dilakukan yaitu adanya penyakit tertentu yang dimiliki oleh si ibu yang tidak memungkinkan bila dilakukan persalinan caesar. Misalnya, ibu yang menderita penyakit diabetes yang bisa berakibat lukanya susah sembuh bila dioperasi caesar.

Nah, sebagai pertimbangan sekarang saya mau memberikan beberapa penjelasan mengenai efek samping melahirkan caesar bagi anda yang mingkin berniat menjalaninya :
  • Efek yang paling sering terjadi pada cara melahirkan caesar adalah infeksi pada rahim atau pada bekas jahitan operasi. Menurut pakarnya sih dari 1000 persalinan umumnya terjadi 12 kasus infeksi pada ibu. 4 kali lipat lebih tinggi dari proses melahirkan normal, yaitu 3 dari 1000 persalinan.
  • Ibu yang memilih melahirkan caesar harus siap beristirahat minimal enam minggu lamanya untuk proses penyembuhan bekas operasi caesarnya. Katanya untuk sembuh total dibutuhkan waktu tidak kurang dari 3 bulan lamanya. dibandingkan dengan cara melahirkan normal cuma butuh waktu 10 hari saja.
  • Bagi yang pada saat hamil sudah mengalami pembekakan kaki karena bertambahnya beban pada saat hamil akan beresiko terkena penyumbatan pembuluh darah.
  • Bagi yang telah melahirkan caesar tidak diperbolehkan melakukan aktivitas berat selama masih dalam masa penyembuhan, seperti menyetir mobil dan sebagainya.
Terakhir, untuk memudahkan anda memahami cara melahirkan caesar yang saya jelaskan di atas, maka saya akan berikan anda gambaran cara melahirkan caesar melalui video cara melahirkan caesar berlikut ini : http://www.youtube.com/watch?v=Tr2xvkTaVAM (Silahkan copy dan paste sendiri alamat URL website ini di browser atau pada tab baru anda karena saya tidak memberikan link hidup untuk anda). Ingat! Jika anda tidak cukup dewasa dan tidak tahan melihat darah, saya sarankan untuk tidak melihat video cara melahirkan caesar ini.

Selanjutnya mari kita masuk kepembahasan "Cara Melahirkan Kurangi Rasa Sakit Ibu' (Klik saja halaman ini untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai cara melahirkan tanpa rasa sakit beserta penjelasan tambahan mengenai jenis cara melahirkan)


Share this article :

0 comments:

 
INABUY.COM | Dikelola Oleh ZutaMedia Publisher | Penyedia Ebook SEO - BloggerPro-Z1 - Ebook Tutorial SEO Terlengkap dan Terbaik Di Indonesia Jasa Buat Website | Toko Online | Dengan Bantuan Konsultasi lewat YM dan Email
Powered by Blogger.com | Template By Maskolis.com
Copyright © 2011. EBOOK INABUY - All Rights Reserved