Home » » Cara Membuat Mail Tersimple Brow!

Cara Membuat Mail Tersimple Brow!

Inabuy.com - Setelah artikel 'Bahaya Mengganti Judul Artikel Blogmu' sekarang saya bahas soal cara membuat mail / email. E-mail? kenalkan dengan mail atau email? Bukan Ismail anaknya pak aji Mail lho! Maaf bercanda pak Mail! Eh...mail lagi. Sebenarnya cara membuat email bukan sesuatu yang sulit bagi kebanyakan orang, apalagi yang sudah lama mengenal interner. Tapi, bagi anda yang mungkin baru mau mulai mengenal internet, email adalah hal yang masih asing dalam kehidupan anda. Nah, sekarang saya akan memberikan anda panduan lengkap cara membuat mail atau email, tapi sebelum itu mari kita tau dulu sedikit sejarah munculnya email di dunia internet. Soal sejarah email ini bukan paksaan kalau anda tidak mau mengetahuinya dan mau langsung mulai langkah cara membuat mail yang ada di bawah. Karna asal anda tau saja kalau fasilitas email yang banyak dinikmati orang saat ini bukan datang langsung dari langit dan anda tinggal menikmati si email ini begitu saja, melainkan ada proses hingga ditemukannya layanan yang bernama email ini. Mau tahu bagaimana sejaranya si mail ini, mari kita telusuri pak mail, he he he!

Sebelum membahas mengenai cara membuat mail dan sejarahnya sedikit saya akan jelaskan mengenai pengertian email itu sendiri. E-Mail adalah singkatan dari Electronic Mail yang artinya 'surat elektronik' yang juga berarti bahwa email adalah sarana pengiriman surat melalui elektronik dengan menggunakan internet yang wadah utamanya adalah komputer. Dengan email kita tidak hanya bisa mengirim surat dalam bentuk elektronik tapi juga berbagai bentuk file seperti gambar, video, rekaman suara, dan aplikasi file lainnya yang dapat terbaca oleh perangkat lunak. Dibandingkan cara mengirimkan surat dengan menggunakan jasa pengantar pos dan dengan cara mengirimkan surat melalui email, cara mengirimkan surat melalui email jauh lebih cepat dan jangkaunnya tak terbatas. dan bahkan dengan menggunakan email kita bisa mengirim pesan kita dalam waktu sekejap ke berbagai alamat.

Jasa pembuatan email gratis saat ini sudah sangat banyak dan diantaranya yang paling terkenal adalah www.mail.yahoo.com dan www.mail.google.com. Kedua raksasa layanan email inilah yang paling banyak digunakan orang saat ini. Lalu bagaimana sih bentuk email itu? Jadi kalau anda memilih membuat email di yahoo.com misalnya kemudian anda memilih nama Tukul misalnya juga, maka alamat email anda nantinya adalah tukul@yahoo.com. Nah, itu kalau yang gratisan. lalu bagaimana misalnya bila anda mau punya website sendiri dengan alamat emailnya sesuai dengan website anda? Misalnya anda mau punya website dengan nama www.bisnisku.com dan dengan alamat nama anda Tukul yang bila disebutkan alamatnya tukul@bisnisku.com. Ini sangat mudah dan akan saya beritahukan triknya, tapi setelah cara membuat mail berikut ini. Jadi cara membuat mail / email berikut ini saya terangkan dalam langkah mudah yang disertai gambarnya :

1. Pertama-tama buka browser dulu. Mau firefox or mozilla atau Internet Explorer terserah. Setelah terbuka ketikkan alamat jasa pembuat email gratis yang telah kamu pilih. Misalnya saja www.mail.yahoo.com.

cara membuat mail

Setelah kamu ketik dan tekan enter kumudian akan muncul halaman utamanya seperti gambar di bawah ini.

cara membuat email


Jika gambar di atas sudah terlihat, biasanya di sebelah kanan, dan karena kamu belum pernah membuat mail sama sekali jadi langkah selanjutnya tinggal klik tulisan Sign Up yang ada di bagian bawah gambar di atas. Sedangkan tombol Sign In gunanya kalau kamu sudah terdaftar dan sudah punya alamat email beserta passwordnya.


Kalau sudah kelihatan tulisan Sign Up-nya dan sudah kamu klik tombol tersebut maka selanjutnya akan muncul halaman baru yang berisi form pendaftaran untuk diisi sesuai petunjuknya.

cara membuat mail
Silahkan diisi lengkap kolom di atas. Untuk isian cara membuat mail pada bagian 'Yahoo ID and E-Mail' silahkan kamu pilih alamat email yang kamu suka. Sedangkan pada bagian 'Alternate Email' kosongkan saja kalau belum punya email sama sekali, kecuali kalau sudah punya bisa diisi dengan alamat email tersebut. Dan juga kalau kamu belum berpengalaman soal code capta atau kolom isian yang ada tulisan 'Tipe The Code Shown' jangan ragu silahkan isi saja sesuai apa yang tertulis dengan menyesuaikan huruf kecil atau besar, nomor atau hurup atau mungkin saja ada spasi. Pokoknya ketik sesuai apa yang tertulis karena ini untuk menandai saja kalau yang mendaftar bukan mesin. Bila sudah klik saja tombol "Create My Account".

Bila semua data yang diinginkan di isi dengan baik dan sesuai dengan yang diminta maka beberapa langkah lagi cara membuat mail akan selesai dan akan muncul halaman seperti ini:

cara membuat e-mail
Di atas halaman di atas akan tertulis Congratulation. Itu artinya kamu sudah berhasil membuat mail dengan benar. Agar tidak lupa sebaiknya catat data yang kamu lihat di atas. Bila sudah, klik saja tombol 'Continue' dan kamu akan dibawa ke halaman utama alamat e-mailmu seperti gambar di bawah.


Sekarang kamu sudah tahu bentuk halaman alamat emailmu. Saatnya belajar cara menggunakan mail yang sudah kamu miliki:
Cara membuka kiriman Email yang masuk :
Kalau kamu mau membuka email yang masuk ke alamat emailmu caranya seperti langkah awal di atas yaitu tinggal ketik mail.yahoo.com di browser kemudian isi alamat emailmu dan juga passwornya dan setelah itu tinggal klik tombol 'sign in'. Jika sudah masuk dan terlihat seperti gambar di atas silahkan saja klik 'Inbox' (Email/Surat Masuk) kemudian klik judulnya atau bagain 'Subject'nya untuk membuka. Dan tinggal kamu baca deh suratnya.

Cara mengirim email :
Kalau kamu sudah masuk seperti langkah membuka kiriman email di atas selanjutnya klik tombol 'Compose Message' di bagian kiri atas. Dan bila sudah akan muncul halaman baru yang berisi alamat email tujuan, judul surat, dan kolom pengisian surat. Untuk kolom yang ada tulisan CC tidak usa diisi kecuali kalau mau alamat email yang anda ketik di tempat tersebut tau kalau anda mengirim email. Jelasnya seperti gambar di bawah ini:

Bila alamat email tujuan anda tulis dengan benar maka akan muncul halaman baru yang memberitahukan bahwa anda telah selesai mengirim email dan berhasil. Tinggal klik 'Done' atau 'Selesai'. Dan selesai sudah anda belajar cara membuat mail / email dan cara menggunakan email anda sekaligus.

Tapi, jangan lupa setiap anda selesai menggunakan email anda sebaiknya mengklik tombol keluar atau 'Sign Out' di bagian pojok kiri atas agar ketika orang lain membuka komputer yang telah anda pakai tidak bisa membuka email anda secara langsung.

Puas kan dengan penjelasan artikel saya? Bila puas silahkan anda klik tobol 1+ di bawah ini untuk mendukungnya atau bagi halaman ini ke facebook anda juga bisa. Atau mungkin artikel 'Cara Membuat Favicon sekaligus Hostingnya / Tempatnya' dan 'Daftar Blog Do follow terbaru'


Share this article :

0 comments:

 
INABUY.COM | Dikelola Oleh ZutaMedia Publisher | Penyedia Ebook SEO - BloggerPro-Z1 - Ebook Tutorial SEO Terlengkap dan Terbaik Di Indonesia Jasa Buat Website | Toko Online | Dengan Bantuan Konsultasi lewat YM dan Email
Powered by Blogger.com | Template By Maskolis.com
Copyright © 2011. EBOOK INABUY - All Rights Reserved