Home » » Situs Cara Membuat Website Otodidak

Situs Cara Membuat Website Otodidak

situs membuat website
Inabuy.com - Mungkin masih ingat soal postingan saya "Ribuan Daftar Blog Do Follow Terlaris" Tapi kali ini saya mau memberikan anda tekhnik cara membuat website otodidak alias belajar sendiri membuat situs atau website. Jadi selain daftar situs membuat website yang akan saya bagikan infonya, saya juga akan mengjarkan anda bagaimana cara membuat website secara gratis tanpa guru dan tanpa latar belakang sebagai programmer. Karna perlu anda tahu bahwa situs membuat website otodidak yang ada sekarang sudah memberikan kemudahan dalam membuat website tanpa perlu bantuan dari seorang ahli pembuat situs/website atau programmer pembuat situs berbayar.

Sebelum anda tahu situs membuat website dan cara membuat website, saya akan memberikan anda sedikit pengetahuan mengenai komponen atau bagian-bagian yang harus ada dalam sebuah website sehingga situs atau website tersebut dapat online dan berfungsi dengan baik. Berikut adalah komponen-komponen website yang saya maksud:

1. Domain / Alamat website 

Bagi anda yang belum tahu sama sekali soal pembuatan website pasti bingung dengan apa yang dimaksud domain. Jadi, domain adalah sebuah rangkaian huruf (atau bisa juga angka) yang merupakan alamat dari sebuah website yang memudahkan seseorang mengaksesnya melalui internet. Misalnya saja blog ini, doaminnya adalah www.inabuy.com dan jika anda ingin mengaksesnya melalui internet atau mesin pencari maka anda harus mengetikkan nama situs tersebut di browser anda.

Sebenarnya dalam sebuah domain terdapat beberapa bagian yang harus anda ketahui sebagai alamat situs itu sendiri:
  • Bagian paling kiri dari domain website anda biasanya dituliskan dengan 'http://' atau 'https://' disebut protokol dari domain anda.
  • Setelah 'http' kemudian diikuti dengan 'host'. Nama host umumnya digunakan simbol 'www'. Tidak semua domain situs menggunakan nama host untuk penulisannya. Misalnya, www.inabuy.com bisa saja disetting dengan tanpa www atau inabuy.com.
  • Setelah 'www' pada domain situs yang ditutup dengan dot (titik) kemudian diikuti dengan 'subdomain'nya. Misalnya, inabuy.com. Inabuy adalah sub domain dari top level domain, yaitu .com (dot com). Banyak orang awam beranggapan bahwa kalau misalnya situs inabuy.com domainnya maka top level domainnya adalah kata Inabuy padahal top level domainnya sebenarnya adalah .com atau yang sejenisnya seperti .net, .biz, .org dan lain sebagainya yang sering digunakan pada ekstension website.
  • Terakhir adalah seperti sudah saya sebutkan di atas yaitu Top Level Domain (TLD) yang umumnya berada setelah nama domain situs pilihan anda. Diantara yang termasuk top level domain adalah .com, .net, .org, .biz, .info dan beberapa TLD lainnya. Tapi ada juga top level domain khusus untuk suatu negara, misalnya .co.id untuk Indonesia.

2. Hosting

Hosting sendiri adalah tempat dimana anda menyimpan seluruh data yang ada dalam website anda. Kalau diartikan secara sederhana Hosting adalah ibarat flashdisk online tempat penyimpanan data website yang bisa diakses oleh semua orang didunia ini tergantung izin pengelolanya. Jadi, simple saja memahami pengetian hosting sebuah situs/website, kalau ada website tentu ada tempat menyimpan datanya dan tempat menyimpan data website itulah yang disebut dengan hosting.

Hosting yang digunakan umumnya ada yang gratis dan ada pula yang berbayar untuk sebuah website. Untuk yang berbayar misalnya rumahweb.com, jagoanhosting.com dan sebagainya. Sedangkan yang gratisan, seperti blogspot. Tinggal memilih sesuai dengan kesenangan anda dalam membuat website.

3. CMS (Content Management System)

Kalau dibahasaindonesiakan, pengertian CMS adalah sistem pengaturann isi situs/website. Artinya, CMS adalah sebuah program yang digunakan untuk melakukan segala bentuk pengeditan situs/website anda, baik itu penambahan artikel/gambar, pengaturan bentuk tampilan, penambahan module, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pengaturan atau penataan website anda pada saat membuat website atau situs anda.

Beberapa situs atau website yang menyediakan CMS gratis untuk di download adalah Joomla, Woerdpress, Mambo, dan masih banyak lagi situs-situs yang menyediakan cms gratis yang dapat membantu anda membuat website dengan mudah tanpa perlu pengetahuan bahasa pemrograman.

4. Template / Theme

Template adalah bentuk tampilan website anda pada saat orang pertama kali membukanya dan juga pada saat mengakses informasi-informasi yang tersedia di website/situs anda. Jadi, Tempalate adalah ibarat kulit dari website atau situs anda. Mengenai warna, model tampilannya dan segala hal yang menyangkut bentuk nyata dari website anda adalah ditentukan dari jenis template yang dipilih pada saat mulai membuat website.

5. Promosi

Mungkin kebanyakan orang tidak memasukkan promosi sebagai bagian dari pembuatan website karna pada dasarnya promosi dilakukan setelah website itu jadi. Tapi, bagi saya promosi tidak bisa dipisahkan dari pembuatan website itu sendiri, karena kebanyakan dari website-website perusahaan yang sama sekali tidak memiliki trafik kunjungan karena mengabaikan hal ini. Dan jangankan masuk 10 besar di mesin pencari, bahkan untuk terindeks pada urutan 100 besar di mesin pencari saja sangat susah. Ini disebabkan karena kebanyakan orang menganggap bahwa setelah selesai membuat website maka pembutan website tersebut telah finish alias tuntas. Padahal tak ada artinya sebuah situs atau website kalau hanya bisa dibuka melalui browser saja karna pasti bisa dihitung jari hanya berapa orang yang membukanya dalam sebulan. Untuk itu perlu usaha mempromosikannya mulai dari cara dummy blog, mendaftar ke berbagai situs bookmarking, membuat komentar link ke berbagai blog dan lain sebagainya yang bisa meningkatkan ranking website anda di alexa.com.

Penjelasan di atas baru pengantar saja mengenai situs membuat website yang akan saya jelaskan, selanjutnya saya akan jelaskan mengenai situs cara membuat website otodidak secara mendalam satu per satu. Tapi karena terlalu panjang bila di bahas di halaman ini, makanya akan saya lanjutkan pada halaman berikutnya di "Situs Membuat Website Terpercaya" (klik saja). atau munkin artikel soal 'cara buat toko online dengan facebook'?


Share this article :

0 comments:

 
INABUY.COM | Dikelola Oleh ZutaMedia Publisher | Penyedia Ebook SEO - BloggerPro-Z1 - Ebook Tutorial SEO Terlengkap dan Terbaik Di Indonesia Jasa Buat Website | Toko Online | Dengan Bantuan Konsultasi lewat YM dan Email
Powered by Blogger.com | Template By Maskolis.com
Copyright © 2011. EBOOK INABUY - All Rights Reserved