Home » » 3 Pilar Utama Tehnik SEO Dasar Penentu Ranking (Bagian II)

3 Pilar Utama Tehnik SEO Dasar Penentu Ranking (Bagian II)

Tehnik SEO
Inabuy.com - Sesuai janji saya pada artikel sebelumnya '3 Pilar Utama Tehnik SEO Dasar Penentu Ranking' maka pada bagian II ini saya akan jelaskan 2 pilar utama tehnik SEO dasar selanjutnya, yaitu Tehnik SEO Backlink dan Tehnik SEO Artikel. Untuk itu, baca secara seksama penjelasan di bawah ini : 

Tehnik SEO Backlink

Seperti pada beberapa penjelasan saya sebelumnya bahwa dalam ilmu SEO dikenal 2 slogan umum yang sangat dikenal oleh para blogger, yaitu Raja SEO (Artikel) dan Ratu SEO (Backlink). Kedua inti seo inilah yang memerlukan usaha keras dari pemilik blog untuk mengoptimalkan rankingnya di mesin pencari. Nah, khusus pada tehnik seo Backlink yang kita bahas kali ini kita akan belajar bagaimana membangun backlink yang baik atau backlink yang bukan hanya sekedar backlink. Kriterianya antara lain:

1. Cari dan tebarlah backlink blog anda pada website atau blog yang memiliki Page Rank tinggi

Saya sarankan anda memilih website dengan page rank minimal 4 agar hasilnya maksimal dan bisa memberikan dampak besar pada backlink yang anda tebar. Karena umumnya website yang memiliki PR 4 sudah memiliki reputasi yang cukup mapan dari pengunjung setianya, sebut saja o-om dot com dan blog Kang Rohman.

Cara pencarian web dengan PR tinggi bisa anda cari di greatdirectories.org/free.html (copy paste alamat ini di browser anda). Web ini memberikan anda list berbagai website dengan PR hingga PR 9. Tapi itu cuma salah satu cara, masih ada beberapa cara lagi untuk mendapatkan backlink dari web ber-PR tinggi yaitu dengan mengunjungi prtag.com, domainyank.com/listing.php, dan masih banyak lagi web yang menyediakan fasilitas semacamnya yang bisa anda cari lewat mesin pencari.

2. Usahakan memperoleh backlink pada web page yang memiliki sedikit link pertukaran.

Karena umumnya web page dengan banyak link pertukaran kurang disukai oleh Google dan tentunya akan berdampak pada blog anda ikutan mendapat cap buruk yang sama. Untuk cara ini sangat mudah melihatnya karena akan tanpak langsung daftar pertukaran link yang ditampilkan.

Untuk standar Google membatasi maksimal 100 URL untuk batas normal sebuah blog. Jadi bila suatu blog melakukan terlalu banyak pertukaran link tentunya akan membuat blognya mengandung banyak URL yang berdampak mengurangi reputasi blog itu sendiri sebagai blog dengan conten mandiri yang tidak tergantung pada referensi banyak blog.

3. Buatlah backlink yang ditempatkan dalam artikel suatu website.

Cara memperoleh backlink satu ini tentunya bisa anda lakukan dengan beberapa cara cerdik yang banyak dilakukan oleh orang lain. Diantaranya adalah dengan membuat artikel untuk disebar ke beberapa website tempat mensubmit artikel atau article directory web. Dengan cara ini anda bisa menyisipkan link anda di dalam artikel yang dibuat sendiri sebelumnya dan tentunya harus diperhatikan juga penempatan kata kuncinya agar mudah ditemukan banyak orang dan berpeluang mendapat klik.

4. Dapatkan backlink dari website yang relvan pembahasannya dengan pembahasan websitemu.

Maksud dari kategori ke 4 di atas yaitu kita diharuskan mencari backlink yang tema pembahasannya sama dengan website kita. Kalau websitemu membahas soal SEO, maka sebaiknya dapatkan backlink dari website yang membahas  SEO pula.

Relevan tak mesti harus dari jenis websitenya, bisa juga dari artikel yang sedang di bahas atau pada url tertentu pada website yang anda incar. Caranya cukup berkomentar pada blog website yang anda pilih. ya, tentunya yang defollow statusnya.

Untuk tehnik SEO backlink menurut saya pada 4 kriteria di atas adalah persyaratan standar saja untuk menentukan jenis backlink yang berkualitas, tapi pada beberapa hal ada kaidah dan aturan-aturan umum yang perlu anda tahu juga, baik itu larangan ataupun himbauan mengenai backlink yang berkualitas, yaitu:
  • Jangan membeli backlink apalagi membeli ribuan backlink sekaligus karena google sangat marah pada aktivitas semacam ini dan kemungkinan besar anda bisa didiskualifikasi dari data mesin pencarinya.
  • Sebaiknya jangan menabur backlink terlalu banyak dalam sehari. Mulai sekarang jadwalkan maksimal 10 backlink saja sehari.
  • Buatlah backlink sekali saja pada tiap blog karena Alexa hanya menghitung 1 backlink dari tiap website yang anda sisipkan backlink anda.
  • Buat keselarasan antara perkembangan jumlah artikelmu dengan jumlah backlinkmu agar tidak di anggap spam oleh google. Maksudnya, jika backlinkmu bertambah maka seharusnya artikelmu juga bertambah. Jangan cuma salah satunya saja.
baca juga "9+ Cara Teknik Linking yang SEo Friendly"

Untuk penjelasan mengenai Pilar Utama Tehnik SEO Dasar yang ke III atau terakhir, yaitu Trik SEO Artikel silahkan kunjungi DISINI


Share this article :

3 comments:

Unknown said...

Ulasan yang menarik tentang teknik SEO dasar. Tentu kita berharap bisa masuk dalam halaman pertama hasil pencarian search engine Google. Trims sharingnya Sobat.

blog kontroversi indonesia said...

kalo menurut sebagian orang, katanya submit artikel ke web direktori harus di hindari. Hal tsb berakibat apa ya gan

Anonymous said...

pennjelasan yang no 4 saya masih kurang jelas sob,,maklum pemula

 
INABUY.COM | Dikelola Oleh ZutaMedia Publisher | Penyedia Ebook SEO - BloggerPro-Z1 - Ebook Tutorial SEO Terlengkap dan Terbaik Di Indonesia Jasa Buat Website | Toko Online | Dengan Bantuan Konsultasi lewat YM dan Email
Powered by Blogger.com | Template By Maskolis.com
Copyright © 2011. EBOOK INABUY - All Rights Reserved