Home » » Langkah Teratur Membuat Blog SEO Friendly

Langkah Teratur Membuat Blog SEO Friendly

Inabuy.com - Blog SEO friendly adalah impian bagi semua blogger. Blog seo friendly bukan hanya sekedar karena rankingnya di mesin pencari tapi berawal dari sebuah blog yang seo friendly banyak blogger yang bisa membuat dapurnya terus mengepul. Untuk itu kali ini saya akan memberikan anda cara, tehnik, tips atau apapun itu namanya yang jelasnya menyangkut langkah membuat blog agar tergolong seo friendly sehingga anda bisa meraup dollar dari blog anda tanpa henti. Lalu bagaimana sih cara membuat blog menjadi seo friendly?

Membuat blog menjadi seo friendly bukan dimulai saat anda menulis artikel di blog anda, tapi untuk membuat blog yang seo friendly anda harus tahu ilmunya mulai dari sebelum anda memulai membuat blog, yaitu pada awal memilih domain atau alamat buat blog kesayangan anda.

Pada pembahasan mengenai 'Langkah Teratur Membuat Blog SEO Friendly' ini saya berusaha untuk membimbing anda 100% (seratus persen) memiliki blog yang seo friendly tanpa harus memiliki kemampuan sebagai programmer. Seperti saya katakan tadi bahwa membuat blog menjadi seo friendly di mulai dari saat anda pertama kali memilih domain atau nama blog anda sehingga pada pembahasan ini kita akan fokus pada tiga tahap lengkap cara membuat blog agar menjadi lebih seo friendly, yaitu Langkah permulaan membuat blog menjadi SEO friendly, Langkah pengembangan membuat blog menjadi lebih seo friendly dan terakhir Langkah bisnis blog seo friendly. Masing-masing langkah blog seo friendly tersebut mempunyai bagiannya masing-masing untuk memperjelas dan memudahkan anda memahaminya.

Langkah permulaan membuat blog menjadi SEO friendly 
(Tiap urutan angka dari tips/cara dibawah adalah urutan langkah teraturnya) 

1.  Memilih Tema Blog : Inilah langkah pertama yang harus dilakukan ketika membuat blog. Sekalipun tidak berpengaruh pada ranking anda di mesin pencari, tapi setidaknya bila anda berniat membuat blog karena alasan mau mendapatkan penghasilan dari internet maka saya menyarankan anda untuk memilih tema yang 'berlahan basah' seperti bisnis, usaha, kredit, finansial dan lain sebagainya yang bisa menghasilkan rupiah lebih banyak. Dan salah satu alasan saya menganjurkan ini karena bisa jadi anda sudah punya lebih dulu pilihan domain misalnya www.iklangratis.com tapi memilih temanya 'olahraga' kan gak nyambung!.

2.  Memilih domain : Pilihlah nama domain yang sesuai dengan jenis atau ketagori blog yang akan anda buat atau bisa dibilang mencerminkan isi blog anda. Misalnya, mau buat jasa pasang iklan gratis, maka sebaiknya pilih www.iklangratis.com karena mesin pencari umumnya menempatkan blog pada posisi 10 besar dari nama domain itu sendiri. Selain itu, ada baiknya memilih domain yang ekstensionnya TLD (Top Level Domain) dot com (.com) karena bila seandainya ada dua domain yang sama yang diketikkan di mesin pencari dengan kualitas seo yang sepadan biasanya google mendahulukan yang dot com.

3.  Memilih Hosting : Bisa dibilang ini tidak terlalu berpengaruh untuk yang domain berbayar. Tapi bagi yang mau membuat blog dengan hosting gratis yang sekaligus mengambil nama domainnya dari layanan buat blog gratis tersebut, maka sebaiknya memilih dari penyedia blog gratis yang sudah diakui keunggulannya dalam hal blog seo friendly karena tentunya segala fitur yang ada dilamnya termasuk templatenya tentunya seo friendly juga. Jadi kalau saya ditanya mana yang lebih seo friendly antara wordpress dan blogger, maka saya menyarankan anda memilih wordpress karena para pakar sudah mengakuinya. Kecuali bila pilihan anda karena alasan 100% gratis, ya pilihlah blogger.

4.  Memilih CMS (Content Management System) : Kalau belum tau apa itu cms, jadi cms itu program yang membantu anda mengelola dan melakukan segala pengeditan blog anda. Sebenarnya kalau yang anda buat adalah blog bukan website maka saya menyarankan anda untuk memilih cms dari Wordpres. Tapi kalau anda mau membuatnya dengan domain dot com karena pertimbangan pada langkah ke-2 di atas tapi tetap dengan hosting gratis saya sarankan pakai blogger saja (tapi blogger bukan CMS mandiri, hanya bila anda memilih domain blogspotnya), seperti blog saya ini.  

5.  Memilih Template yang SEO Friendly : Nah, inilah penentu dari deretan langkah yang sudah saya jelaskan di atas. Bisa saja anda salah memilih bagian-bagian langkah di atas, tapi untuk langkah membuat blog seo friendly yang satu ini jangan sampai terjadi. Dan kalaupun sudah terjadi sebaiknya anda menggantinya karena akan sangat berpengaruh pada ranking blog dan artikel anda di mesin pencari. Template yang seo friendly ditentukan dari penggunaan gambar, flash, ukuran template dan juga script yang membentuk template itu sendiri. Template yang terlalu banyak penggunaan gambarnya, ramai pengunaan flashnya dan juga ukuran templatenya yang terlalu lebar akan membuat blog tersebut lambat dalam pengaksesannya sehingga mempengaruhi mesin pencari dalam merenkingnya. Bila mau mendapatkan template yang seo friendly cukup ketikkan saja di mesin pencari 'template blog yang seo friendly" atau kalau mau yang sudah terbukti kunjungi saja Isnaini.com karena blogger luar negeri pun sudah mengakui kehandalan seo friendly templatenya, khususnya tempaltenya yang ia beri nama 'Business Profesional'.

Selanjutnya masuk pada "Langkah Teratur Membuat Blog SEO Friendly (Bagian II)" (klik saja). Pada langkah ini kita akan membahas bagaimana cara membuat blog menjadi lebih seo friendly tapi pada tahap setelah blog anda online dan sudah menentukan semua tahap awal membuat blog menjadi seo friendly seperti pada penjelasan di atas. Tapi kayaknya terlalu panjang bila diteruskan di halaman ini, untuk itu mari lanjutkan ke halaman selanjutnya Disini.

Tertarik membeli EBOOK TUTORIAL SEO dari saya, silahkan baca : Ebook Tutorial SEO Murah


Share this article :

2 comments:

Tips Simple said...

alhamdulillah beberapa hal sudah saya lakukan dan tinggal pengoptimalannya
nice share sobat..

Ryuzakie said...

Makash banyak ni ,tipsnya

 
INABUY.COM | Dikelola Oleh ZutaMedia Publisher | Penyedia Ebook SEO - BloggerPro-Z1 - Ebook Tutorial SEO Terlengkap dan Terbaik Di Indonesia Jasa Buat Website | Toko Online | Dengan Bantuan Konsultasi lewat YM dan Email
Powered by Blogger.com | Template By Maskolis.com
Copyright © 2011. EBOOK INABUY - All Rights Reserved